Agen Poker Agen Poker Indonesia

18 Tempat Wisata Terbaik di Medan Sumatera Utara

18 Tempat Wisata Terbaik di Medan Sumatera Utara

CeritaDunia.com - Medan adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara. Daerah ini merupakan kota terbesar di luar Pulau Jawa dan kota metropolitan terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya.


Medan merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dan juga sebagai pintu gerbang bagi para wisatawan untuk menuju objek wisata Brastagi di daerah dataran tinggi Karo, objek wisata penangkaran orang utan di Bukit Lawang, serta kawasan Danau Toba.

Medan mempunyai segudang tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah, jika anda ingin berlibur ke suatu tempat disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa tetapi anda akan merasakan senang apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara atau keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

Berikut adalah tempat-tempat wisata terbaik di Medan yang wajib anda kunjungi :

18 Tempat Wisata Terbaik di Medan Sumatera Utara

1. Gunung Sibayak - Brastagi


Gunung Sibayak adalah sebuah gunung yang menghadap ke kota Brastagi di Sumatera Utara. Orang suku Karo menyebut gunung Sibayak dengan sebutan "Gunung Raja".

Gunung Sibayak merupakan gunung berapi dan meletus terakhir tahun 1881. Gunung ini berada di sekitar 50 kilometer barat daya Kota Medan. Gunung ini merupakan salah satu gunung api teraktif di Sumatera.

Bila kita akan mengunjungi gunung ini maka kita harus pergi ke Tanah Karo atau dalam istilah populernya artinya "Gunung Raja". Tempat ini sangat cocok bagi siapapun yang menginginkan tempat wisata yang indah dan dapat melihat matahari terbit dengan jelas dan cerah. Di dekat gunung ini terdapat tempat makan enak di Medan.

2. Taman Alam Lumbini


Objek wisata ini terletak di daerah lereng Gunung Sibayak. Tempat ini menjadi destinasi favorit wisatawan domestik maupun mancanegara.

Selain tempat yang begitu alami, taman ini memiliki sebuah pagoda yang mirip dengan Pagoda Shwedago di Myanmar. Pagoda ini milik agama Buddha yang panjangnya sekitar 69 meter dengan tinggi sekitar 46,8 meter.

Di sisi lain, daya tarik Taman Alam Lumbini ini adalah di sana terdapat 2500 patung Buddha yang begitu kokohnya. Jika kita bertandang ke tempat wisata ini maka kita akan disuguhi bangunan yang di selimuti corak emas yang begitu cerah dan elegan.

3. Pulau Samosir


Menurut kabar dari penduduk setempat, Pulau Samosir inilah yang menjadi ikon menarik dalam dunia pariwisata di Sumatera Utara (tempat wisata di medan dan sekitarnya).

Secara geografis, Pulau samosir memiliki tinggi 1000 meter dpl yang wilayahnya masih murni natural. Jika kita hendak menetapkan tujuan safari ke Pulau Samosir, maka kita akan mendapatkan pengetahuan tambahan tentang riwayat suku Batak. Konon, di atas pulau ini, kita bisa mempelajari atau melakukan riset dalam budaya maupun tradisi suku Batak.

4. Danau Toba


Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.

Danau Toba terbentuk karena proses vulkanologis yang konon terluas dan terbesar di seantero dunia. Keindahan alam yang ada di Danau Toba sangatlah indah dan menakjubkan.

Dengan suasana yang sangat sejuk karena terpaan angin sepoi-sepoi, Danau Toba memberikan semangat sekaligus penghidupan bagi masyarakat sekitar yang ketiban berkahnya.

5. Danau Siombak


Danau Siombak berlokasi di Kelurahan Paya Pasir, Medan Marelan, Medan. Danau Siombak merupakan danau buatan dengan luas mencapai 40 hektar yang terletak di antara Sungai Deli dan Sungai Terjun. Meskipun danau ini merupakan danau buatan, akan tetapi airnya sangat jernih dengan warna biru kehijauan.

Hal ini karena dasar danau ditumbuhi lumut dan ganggang. Menurut cerita masyarakat sekitar, danau ini terbentuk karena galian tanah yang akan digunakan untuk pembangunan jalan Tol Belmera.

Fasilitas di danau yang berair jernih dan agak kehijauan yang disebabkan banyaknya tumbuhan air ini tergolong lengkap. Mulai dari warung makan, penjual aksesoris dan juga ada perahu maupun sampan untuk berkeliling di sekitar danau.

6. Danau Linting


Danau Linting memiliki keunikan berupa warna air hijau dan biru di sekelilingnya terdapat batu cadas. Danau Linting berada di kecamatan STM Hulu desa Sibunga-bunga Hilir Kabupaten Deli Serdang yang bisa ditempuh sekitar 2 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Danau ini berukuran kecil dan memiliki nuansa mistis namun menyejukkan karena disekelilingnya ada pepohonan dengan akar yang panjang. Tempat wisata ini sebetulnya merupakan danau vulkanik dengan luas sekitar satu hektar, sehingga danau ini pun mengandung banyak belerang.

7. Bukti Lawang



Bukit Lawang ini menyuguhkan wisata bagi pelancong untuk menaklukkan menjelajahi hutan dengan berbagai kehidupan satwa yang sangat banyak. Dengan perwujudan hutan tropis, Bukit Lawang sangatlah dekat dengan Taman Nasional Gunung Leuser.


Di Taman Nasional Gunung Leuser ini terdapat penangkaran Orang Utan. Di sana anda dapat melihat aktivitas pemberian makan mawas Orang Utan.

Kawasan wisata di sekitar Medan sangat banyak digemari oleh para wisatawan yang datang dari wilayah Indonesia maupun mancanegara. Oleh sebab itu, jika kita wajib ke sana. Soal penginapan anda semua tidak usah takut dikarenakan di sana sudah ada losmen yang siap di tempati.

8. Air Terjun Dwi Warna Sibolangit


Air Terjun Dwi Warna Sibolangit terletak di Kecamatan Sibolangit. Air terjun ini menyajikan gemericik air yang cantik. Hanya menghabiskan waktu 2 jam dari Kota Medan, kita bisa sampai di kawasan alam Sibolangit.

Di sisi lain, pepohonan yang merimbun di sekitar air terjun membuat suasana pegunungan yang begitu sejuk sekaligus penuh panorama alam. Ada yang begitu indah dan unik disana. Jika kita melihat secara jeli, warna yang dominan di air terjun tersebut terdiri dari dua warna: air dingin dengan warna biru dan air hangat dengan warna putih.

9. Air Terjun Sipiso-Piso


Air Terjun Sipiso-Piso Tongging ini sangatlah luar biasa secara umum, tinggi air terjun ini adalah 120 meter yang sangat dekat dengan Gunung Sipiso-Piso. Melalui air terjun ini (jika kita naik ke atas bukitnya) maka kita mampu melihat Danau Toba dari sana.

Tempat wisata di Medan sangat cocok untuk menjadikan objek fotografer dalam mengabadikan foto-foto alamnya dengan baik. Dengan pemandangan alaminya yang luar biasa itu, Sipiso-Piso menjadi rekomendasi terbaik tempat untuk berusaha alami.

10. Air Terjun Sigura-Gura


Air Terjun Sigura-Gura Merupakan salah satu tempat wisata di Medan yang cukup popular dengan keindahan air terjunnya. Tinggi air terjun ini sekitar 250 meter yang wilayahnya berada di sebuah bentangan alam yang sangat dekat dengan Danau Toba.

Dengan adanya hutan yang ada di sekitar air terjun tersebut, angin pun bersepoi-sepoi yang membuat diri merasakan kesejukan yang mengenakan. Jika kita melihat dari jauh, air terjun sini seolah-olah seperti curhatan air raksasa dan terdapat dentuman air yang jatuh. Sesungguhnya, air terjun di sini memiliki sumber utama yakni Sungai Asuhan.

11. Panas Dolok Tinggi Raja


Panas Dolok Tinggi Raja merupakan salah satu tempat wisata di Medan yang banyak dikunjungi. Banyak orang yang sangat kagum sekaligus takjub dengan ini. Jika kita bertandang ke Salju Panas Dolok Tinggi Raja ini akan diperoleh wawasan alami ihwal bukit kapur dengan warna yang unik.


Sebab, hal yang mirip dengan salju ini sebetulnya adalah bukit kapur. Di sisi lain, di tengah objek wisata ini terdapat danau dengan air yang cukup panas dan warnanya biru kehijauan. Meski objek wisata ini belum begitu terkenal, namun Salju Panas Dolok Tinggi Raja ini sangatlah potensial.

12. Taman Buaya Asam Kumbang


Taman Buaya Asam Kumbang adalah taman buaya terbesar di Indonesia di mana terdapat 2.500 ekor buaya dengan berbagai ukuran. Selain taman buaya terbesar di Indonesia, taman buaya ini juga yang terbesar di Asia Tenggara.

Menurut informasi, tempat penangkaran buaya ini mulanya dikelola keluarga yang memelihara beberapa jenis buaya di halaman belakang rumah mereka. Tak disangka buaya di penangkaran ini semakin banyak dan akhirnya dijadikan tempat penangkaran buaya.

Lokasi Taman Buaya ini berada di Desa Asam Kumbang.

13. Graha Santa Maria Annai Velangkanni


Graha Santa Maria Annai Velangkanni merupakan tempat wisata religius di Medan yang menaungi bagi jemaat Katholik. Tempat tsb adalah Graha Santa Maria Annai Velangkanni. Meski tempat tersebut diperuntukan bagi jemaat Katholik, namun tempat ini dapat pula dijadikan sebagai tempat wisata bersejarah (rohani).

Walau gereja ini untuk jemaat Katholik, dari gambaran arsitektur bangunan ini justru mirip dengan kuil Hindu. Bangunan ini sangatlah unik dan membuktikan bahwa Medan merupakan kota yang penuh pluralitas. Nama gereja ini di adaptasi dari nama Annai Velangkani yaitu seorang bunda dari velangkanni

14. Kampung Madras / Kampung Keling

 


Kampung Madras (Lebih dikenal sebagai Kampung Keling). Kampung Keling ini menjadi tempat tinggal bagi warga keturunan India dari etnis yang berkulit hitam dan gelap. Warga keturunan India memang ikut mewarnai sejarah perjalanan Kota Medan.

Di Kampung Keling, anda dapat melihat bangunan kuno peninggalan kolonial Belanda dan kuil-kuil yang menjadi tempat peribadatan. Salah satunya adalah Kuil Shri Mariamman yang dibangun tahun 1884.

Kuil Shri Mariamman adalah kuil terbesar di Kampung Keling dan menjadi induk bagi sejumlah kuil di perkampungan etnis Tamil lain di Medan. Selain menikmati wisata sejarah dan budaya, Anda juga dapat menikmati kuliner khas India dan berbelanja pernak-pernik khas India di Kampung Keling.

15. Wisata Budaya di Pulau Nias


Tempat wisata yang satu ini sangat terkenal di Indonesia bahkan men-dunia adalah Pulau Nias. Dikenal karena di sana terdapat tradisi lompat batu yang masyhur itu. Bahkan, di uang seribu rupiah (cetakan lama) juga menampilkan orang sedang melakukan tradisi lompat batu.


Dinding batu yang ada di Pulau Nias ini setinggi dua meter sehingga mudahlah untuk dilompati oleh anak-anak muda disana. Tapi tentu lain ceritanya jika kita yang melakukan lompatan tersebut. Tempat wisata semacam ini merupakan suguhan atraksi yang syarat akan kearifan lokal.

Jika kita jalan-jalan ke pulau ini, ingatlah bahwa kita harus bertandang ke Desa Bawomatauo. Awal mula kenapa ada tradisi lompat batu ini adalah karena dahulunya terdapat kebiasaan perang antardesa di Pulau Nias.

16. Rumah Tjong A Fie (Tjong A Fie Mansion)


Rumah Tjong A Fie berlokasi di Jl. Jend. A. Yani No.97-99, Medan. Tjong A Fie adalah seorang taipan yang sangat dihormati semasa hidupnya. 150 tahun setelah kelahiran Tjong A Fie, yaitu pada tahun 2009, keluarga Tjong A Fie memutuskan membuka Tjong A Fie Mansion untuk umum.



Namun tentu saja ada beberapa bagian rumah yang tidak boleh dimasuki pengunjung karena keluarga Tjong A Fie masih tinggal disana. Di rumah Tjong A Fie, Anda dapat menikmati indah dan megahnya bangunan yang memiliki perpaduan arsitektur China, Eropa dan Melayu.

Kekaguman anda akan bertambah saat melihat perabotan mewah yang sebagian besar masih asli, semisal kandelar dari Austria. Rumah Tjong A Fie buka setiap hari mulai pukul 09.00 - 17.00 WIB.

17. Istana Maimun


Istana Maimun berlokasi di Jalan Bridjen Katamso, Kelurahan Sukaraja. Istana Maimun di bangun oleh Sultan Deli, yaitu Sultan Mahmud Al Rasyid pada tahun 1888 dan selesai pada tahun 1891.


Istana Maimun dibangun dengan desain arsitektur bergaya Italia, istana dengan luas 2.777 meter persegi terdiri dari 2 lantai dan terbagi menjadi 3 bangunan induk, bangunan sayap kiri juga sayap kanan. Setidaknya ada 30 ruangan dalam istana yang kental dengan pengaruh budaya Eropa.

18. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery


Rahmat International Wildlife Museum & Gallery merupakan museum dan gallery yang berisi hewan yang telah diawetkan. Gallery ini menyimpan lebih dari 1000 satwa yang diawetkan dari berbagai belahan di dunia.

Gallery ini juga merupakan yang pertama di Asia. Anda dapat melihat berbagai jenis burung, mamalia, hewan khas Indonesia, hewan khas Afrika, Kambing Gunung, Komodo dan berbagai jenis satwa lainnya yang sangat mirip dengan hewan hidup. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery berada di Jalan Letjen S Parman No.309, Medan.

Berita Unik, Berita Terkini, Berita Terupdate, Berita Terbaru, Berita Teknologi, Berita Artis, Berita Dunia, Berita Indonesia, Berita Wisata, Berita Sampah, Berita Hoax, Berita Bola, Berita Olahraga, Berita Aneh, Informasi Teknologi, Cerita Dunia, Cerita Indonesia, Cerita Lucu, Cerita Lucu Terbaru, Cerita Ngakak, Cerita Kocak, Cerita Pendek, Cerita Pribadi, Cerita Aneh, Foto Lucu, Foto Aneh, Foto Unik, Foto Keren, Foto Sexy, Foto Model, Foto Dunia, Dunia Hewan, Info Kesehatan, Dunia Model, Dunia Olahraga, Dunia Wisata, Tempat Wisata Indah, Wisata Alam, Wisata Indonesia, Dunia Teknologi, Dunia Bola, Dunia Wanita, Dunia Artis, Dunia Permainan, Dunia Bela Diri, Sejarah dan Legenda

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "18 Tempat Wisata Terbaik di Medan Sumatera Utara"

Post a Comment